Nyanyi Deen Assalam Sabiyan Gambus, Jokowi: Sebarkanlah Ucapan yang Manis

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyanyikan sepenggal lirik lagu bernuansa Islam berjudul Deen Assalam, yang dipopulerkan Sabyan Gambus.

“Ab ta hayat wab salaam. An syaru wah lal kalam. Zay nu dini yak te rabb. Ab ma habbat wab ta sam,”

hanya bagian reff ini saja yang didendangkan Jokowi pada saat berpidato di acara Festival Bintang Vokasil Qasidah Tingkat Nasional 2018 pada Kamis, 29 November 2018.

Jokowi tak melanjutkan nyanyinya. Sambil malu-malu, ayah dari Kaesang Pangarep itu langsung menyudahinya, karena hanya bagian itu yang dia hapal.

“Saya hanya hapal reff-nya. Seterusnya, bapak ibu suaranya lebih bagus dan lebih pintar dari saya,” kata Jokowi.

Seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya, @jokowi pada Sabtu, 1 Desember 2018, mantan Walikota Solo ini coba mengartikan sepenggal lirik yang baru saja dia nyanyikan.

“Ab ta hayat wab salaam , melalui perilaku mulia dan damai. Kemudian, An syaru wah lal kalam. Zay nu dini yak te rabb, sebarkanlah ucapan yang manis,” kata Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa dirinya termasuk orang yang senang mendengar lagu-lagu kasidah di era 75 hingga 80-an. Dia bahkan masih ingat tentang grup Nasida Ria, dengan lagunya berjudul Merdeka Membangun.

“Ada yang masih ingat? Itu zaman saya masih remaja. Saya sering dengar karena mendiang bapak saya punya kasetnya,” tulis akun tersebut.

Video Jokowi menyanyikan Den Assalam tersebut sudah dilihat lebih dari 500ribu kali.