Apa Perbedaan Inseminasi dan Bayi Tabung?

Liputan6.com, Jakarta Inseminasi dan bayi tabung merupakan teknik medis yang membantu reproduksi dan kehamilan. Bagi pasangan yang sulit memperoleh momongan, alternatif pilihan di antara kedua proses bisa dilakukan. Sebelum memutuskan prosedur mana yang akan dijalani, dokter akan memeriksa lebih dalam kondisi pasangan, baik dari kualitas, sperma, sel telur, dan rahim.

Pasangan pun perlu mengetahui, inseminasi dan bayi tabung punya perbedaan. Pada proses inseminasi,  sperma ditempatkan di dalam rahim untuk pembuahan. Sebagaimana dilansir dari American Pregnancy, inseminasi bertujuan meningkatkan jumlah sperma yang mencapai saluran tuba (bagian dari sistem reproduksi berupa pipa yang menjadi jalur perjalanan sel telur dari indung telur/ovarium ke rahim).

Ketika sperma sudah diletakkan dalam rahim, hal itu meningkatkan kemungkinan pembuahan. Inseminasi memberikan keuntungan pada sperma untuk menuju rahim. Meski begitu, sperma tetap harus bergerak mencapai dan menuju sel telur sendiri.

“Untuk inseminasi, dokter akan menyemprotkan sperma yang sudah ditingkatkan kualitasnya ke dalam rahim. Kemudian pembuahan terjadi secara normal,” kata dokter spesialis kandungan dan ginekolog, Batara Imanuel Sirait saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, ditulis Senin (3/12/2018).

Kategori pasien yang dapat menjalani inseminasi antara lain, kondisi serviks (leher rahim) yang bermasalah, termasuk masalah lendir serviks, jaringan parut serviks dari prosedur operasi sebelumnya yang dapat menghalangi kemampuan sperma untuk memasuki rahim, dan disfungsi ejakulasi. Adanya disfungsi ejakulasi memengaruhi jumlah dan kualitas sperma sehingga sperma yang masuk sulit membuahi.

Di sisi lain, inseminasi juga dilakukan pada pasangan yang tidak punya masalah produksi sperma dan sel telur. Artinya, sperma dalam jumlah yang cukup dan sel telur tidak tersumbat.  

Saksikan video menarik berikut ini:

Risiko kesehatan di usia senja sepertinya tak mengurungkan niat seorang wanita di Inggris untuk melahirkan. Sharon Cutts, yang kini berusia 55 tahun baru saja melahirkan anak kembar tiga.