Anies Kejar Pembangunan Tanggul Pantai

Pekerja menyelesaikan perkuatan dan peninggian tanggul dalam proyek pembangunan pengamanan pantai di Jakarta, tahap 2 paket 1 Muara Baru, Jakarta Utara. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal membereskan pembangunan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) fase A atau tanggul pantai. Pembangunan tanggul di Kamal Muara, Pasar Ikan, dan Kali Blencong Marunda, Jakarta Utara, dianggap kebutuhan.

“Kita menyadari tanggul yang ada di sepanjang pantai itu penting untuk dituntaskan,” kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 16 Januari 2019.

Pembangunan NCICD terbagi dalam tiga fase, A, B dan C. Proyek itu secara umum untuk menanggulangi naiknya permukaan air laut di Teluk Jakarta.

Pembangunan tanggul pantai di Pasar Ikan dan Kali Blencong di Jakarta Utara sudah mencapai 90 persen dan diperkirakan selesai akhir tahun ini. Sementara itu, tanggul pantai di Kamal Muara baru 50 persen.
 
Baca: Pembangunan Tanggul Laut Fase A Berjalan Lambat

Setiap kawasan memiliki panjang tanggul yang berbeda. Di Pasar Ikan, panjang tanggul sekitar 1,2 kilometer, sedangkan di Kamal Muara panjang tanggul 1,04 kilometer

Seharusnya, pengerjaan tanggul pantai di Kamal Muara sudah mencapai 740 meter. Namun, proyek terkendala dengan proses pembebasan lahan.
 
“Di sana baru sekitar 300 meter. Nanti kita kejar. Kalau pernah ke Kamal Muara, itu ada jembatan yang dari mulai gelanggang olahraga sampai batas jembatan di sana, tempat pelelangan ikan, tahun ini kita kejar sampai di jembatan itu,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendarwan beberapa waktu lalu.

(OGI)