DKI Anggarkan Rp140 Miliar untuk 5 Taman

Taman Honda Tebet. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan merevitalisasi lima taman tahun ini. Anggaran yang disediakan mencapai Rp140 miliar.
 
Taman yang akan direvitalisasi adalah Taman Tebet, Taman Puring, Taman Tugu Tani, Taman Mataram, dan Taman Langsat.
 
Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsita mengatakan lima taman itu akan dijadikan taman tematik seperti Taman Lalu Lintas yang ada di Taman Tebet.
 
“Nanti akan jadi taman pintar. Setiap taman temanya beda-beda,” kata Suzi saat dihubungi, Jakarta, Senin, 7 Januari 2018.
 
Dia mengungkapkan, revitalisasi lima taman itu masih proses perencanaan. Suzi belum bisa memastikan tema setiap taman.
 
“Sekarang masih dalam perencanaan. Yang pastinya taman itu harus bisa memfasilitasi semua lapisan masyarakat dari anak-anak sampai usia lanjut. Termasuk warga berkebutuhan khusus,” ujar dia.
 
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin menjadikan Taman Tebet sebagai taman percontohan. Anies berencana menata ulang taman seluas 2 hektare itu dengan dana sebanyak Rp40 miliar.
 
“Kita akan menata ulang Taman Tebet menjadi tempat yang nyaman sepanjang hari,” ujar Anies.

Baca: Anies Ingin Taman Tebet Jadi Percontohan

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengintegrasikan sisi utara dan selatan taman agar menjadi satu. Saat ini, sisi utara Taman Tebet menjadi taman pintar berlalu lintas, sedangkan sisi selatan menjadi taman bibit.
 
“Jadi nanti disatukan menjadi Taman Tebet, menjadi satu kesatuan,” katanya.
 
Anies memastikan kali yang berada di kawasan itu tidak bau. Ia tak mau air tersebut menganggu warga yang bermain di Taman Tebet.
 
“Saya ingin mereka yang berkegiatan di tempat ini nyaman. Nanti juga pengelolaan TPS di sini akan di atur desainnya sehingga tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap di lingkungan taman kita,” pungkas Anies.
(FZN)