DKI Jakarta Siaga III Banjir

Foto aerial permukiman warga di pinggir Kali Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta, Minggu (18/9/2016). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Jakarta: Wilayah DKI Jakarta dalam status siaga III banjir. Hal ini disebabkan oleh air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa bertambah hingga 110 sentimeter (cm).

“Air di Bendung Katulampa pada pukul 22.30 WIB setinggi 110 cm,” kata petugas pemantau Bendung Katulampa, Tisna, di Bogor, Senin, 7 Januari 2019.

Sejak sore hingga malam, hujan memang turun merata di kawasan Puncak, Kabupaten bogor. Derasnya hujan membuat air sungai Ciliwung naik dengan cepat.

Menurut informasi Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane sekitar pukul 21:00 WIB, tinggi muka air di Bendung Katulampa masih 10 cm. Namun, beberapa saat kemudian, tepatnya sekitar pukul 21.34 WIB, air naik dengan cepat menjadi 30 cm. 

Stasiun Klimatologi Bogor menyampaikan peringatan dini mengenai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa Barat, termasuk Bogor. BMKG juga memprediksi Bogor diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga pagi hari.

Hingga saat ini, kawasan puncak masih diguyur hujan dengan intensitas sedang. Dikhawatirkan, air akan terus meningkat jika hujan tak kunjung berhenti. Bahkan, Air Bendung Katulampa yang terus naik berpotensi banjir pada wilayah DKI Jakarta.

(JMS)