Polda Metro Siagakan Mobil SIM Keliling di CFD

Sejumlah masyarakat melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C di Car Free Day (CFD) Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu, 6 Januari 2019. (Medcom.id/ Cicilia Sinabariba)

Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C di Car Free Day (CFD) Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Pamin Sim Keliling (Simling) Ditlantas Polda Metro Jaya, IPDA Dody Maryadi mengatakan, ada 500 blangko SIM yang disiapkan pada hari ini.

“Kita bawa satu pack kartu. Satu pack itu isi ya 500 kartu,” kata Dody kepada Medcom.id di lokasi, Minggu, 6 Januari 2018.

Dody menjelaskan, dengan adanya pelayanan ini, masyarakat diharapkan bisa lebih mudah memperpanjang SIM. Dody memastikan, Ditlantas Polda Metro Jaya akan konsisten menyediakan layanan ini di setiap Car Free Day di Jakarta.

“Permohonnya rata-rata 100-150 orang untuk di HI di CFD ini. Itu semua kita bantu,” jelas Dody.

Perpanjangan waktu

Ditlantas Polda Metro Jaya memberikan perpanjangan waktu kepada masyarakat yang ingin memperpanjang Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Perpanjangan dilakukan untuk SIM yang sudah mati tertanggal 24, 25 dan 31 Desember 2018 serta 1 Januari 2019. Perpanjangan ini dibuka hingga 9 Januari 2019 mendatang.

“Toleransi cuma untuk mati di 24, 25 dan 31 Desember dan 1 Januari. Itu¬† bisa diurus, bisa diproses hingga tanggal 9 Januari. Karena berhubung hari libur ada kesibukan,” ungkap Dody.

Masyarakat yang hendak memperpanjang SIM dapat mendatangi mobil SIM keliling di Car Free Day setiap hari Minggu. Bus SIM keliling ini disebar di tiga lokasi yaitu Bundaran HI, Jalan Panjang, dan Banjir Kanal Timur. Pelayanan SIM keliling ini dibuka sejak pukul 06.00-11.00 WIB.

(Ilham Pratama Putra, Cicilia Sinabariba, Jessica Wulandari)

(DEN)