Taufik: JPO Harus Jadi Ornamen Kota

Jakarta: Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik menganggap tepat Gubernur Anies Baswedan merevitalisasi tiga jembatan penyeberangan orangĀ  (JPO). Selain ramah disabilitas, JPO juga dibangun penuh nilai seni.

“JPO itu harus bagian dari ornamen kota, lihat JPO yang lama seperti apa, kalau ini kan ada seninya bagian dari ornamen lah,” ujar Taufik kepada Medcom.id, Minggu, 6 Januari 2019.

Ia berharapĀ  JPO dengan berbagai fasilitas itu dijaga bersama-sama. Ia tak mau fasilitas, terutama lift, tak terurus seperti di Sarinah dan Halte Tosari ICBC.

“Itu kan yang lalu (lift tidak terurus), insyallah ke depannya diurus, dibangun untuk diurus gitu, yang lalu mungkin saja kayak gitu, sekarang kan berubah,” tutur dia.

Baca: Tiga JPO Mulai Direvitalisasi

Taufik juga berharap Anies segera merevitalisasi JPO di kawasan Sudirman, Thamrin, dan Kuningan. JPO di tiga wilayah sibuk Jakarta harus menjadi ornamen Ibu Kota.

Tiga pembangunan JPO di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat memasuki tahap akhir. Konsultan komunikasi tiga JPO Sudirman Didi Suryana mengatakan JPO Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, dan Polda Metro Jaya dapat digunakan bulan ini.

“Untuk JPO Bundaran Senayan sudah tahap konstruksi dan kelengkapan sudah terpasang,” kata Didi saat dihubungi, Jumat, 4 Januari 2018.

Baca: Tiga Pembangunan JPO di Sudirman Masuk Tahap Akhir

Didi menyampaikan lantai JPO dibuat lebih lebar dari sebelumnya. Pelebaran dilakukan agar pengguna lebih nyaman saat melintas.

Atap JPO juga dibuat transparan dan akan ditambahi lampu hias. JPO tersebut diharapkan bisa mempercantik Ibu Kota.

“Jadi komposisi lampu yang tersusun rapi dan pemilihan cahaya yang tepat dapat memanjakan mata pengguna JPO,” ucap dia.

(OJE)